Ini Alasan Fadli Zon Kritik Kunjungan Gus Yahya ke Israel

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengaku keberatan atas kunjungan yang dilakukan Wantimpres Yahya Cholil Staquf ke Israel belakangan ini. Politikus Gerindra ini menilai, tindakan yang dilakukan Gus Yahya menunjukkan sikap yg sangat tak sensitif atas isu Palestina.

“Kunjungan Staquf juga bisa dinilai oleh dunia internasional sebagai justifikasi simbolis dukungan pejabat negara Indonesia terhadap tindakan Israel selama ini,” ujar Fadli Zon, melalui laman Twitternya, Rabu (13/6).

Lebih jauh ia melihat bahwa selama ini Indonesia cukup konsisten  mendukung kemerdekaan Palestina. Akan tetapi, kehadiran Staquf di Israel dinilai tidak konstruktif bahkan kontraproduktif.

Terlebih dikatakan Fadli, dalam statemen yang dikeluarkan Yahya Staquf di Forum Global AJC, ia tidak menemukan adanya pernyataan yang menyiratkan dukungannya terhadap Palestina.

“Bahkan dari video yang beredar, tak ada kata Palestina dalam pernyataan-pernyataan Staquf. Apakah ini menandai sikap polugri Indonesia yg sudah meninggalkan prinsip bebas aktifnya? Atau telah mengubah kebijakannya terhadap Israel?” tukas Fadli Zon.