Ini Alasan Anggota DPD RI Minta Dibangunkan Gedung Baru

Monitor.co.id, Jakarta – Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) meminta pembangunan gedung baru untuk anggota DPD. Ia sudah melayangkan permintaan itu kepada pemerintah.

"Jadi kita kan sudah minta ke Presiden, kepada Menkeu, kepada DPR juga, supaya marwah DPD itu ada. Kan tidak pantas lembaga tinggi negara tapi enggak punya gedung sendiri, numpang enggak bagus," kata OSO di Kompleks Parlemen, Senayan, (15/8).

Menurut OSO, ruang kerja yang layak berpengaruh terhadap kinerja DPD. Oleh sebab itu, pembangunan gedung baru sangat diharapkan DPD.

"Alangkah indahnya kalau ada ruangan memadai, DPD dapat mengerjakan secara maksimal keinginan-keinginan atau tuntutan daerah," jelasnya.

Permintaan akan gedung baru tersebut diutarakan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo dua bulan lalu. Presiden, katanya merespons positif meski tidak ada pernyataan secara eksplisit.

"Karena kan kita enggak tahu perasaan Presiden. Tapi kalau senyum-senyum, itu tanda-tanda," ungkap pria kelahiran Sukadana, Kalimantan Barat itu.

Ia memperkirakan pembangunan gedung baru itu menghabiskan dana tak lebih dari Rp1 triliun. Tingginya sekitar 20 lantai. Pihaknya pun telah memiliki blue print dan kajian yang mendalam.

"Sudah lama (kajiannya). Saya kan cuma meneruskan saja ini. Mendobrak. Merealisasikan. Mudah-mudahan," tandas dia.