Indonesia Bisa Belajar Kelola Danau dari Kroasia

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Widya Yudha berharap Indonesia bisa belajar banyak dari tata kelola pengembangan danau dari Kroasia.

Kroasia memiliki danau besar yang sangat terawat dan dimanfaatkan untuk kepentingan publik mulai dari pembangkit listrik, produksi air bersih hingga mengembangkan pariwisata daerah. Ini bisa menjadi proyek percontohan bagi pengembangan 15 danau di Indonesia yang sudah diprakarsai Presiden Joko Widodo sejak tahun lalu.

“Kita berharap kerjasama bidang lingkungan antara Indonesia dan Kroasia semakin berkembang ke depannya. Salah satunya adalah pengembangan danau,” papar Satya usai melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua Komisi Bidang Lingkungan dan Pendidikan, Sabina Glasovac serta Wakil Ketua Bidang Kerjasama Parlemen Kroasia Darko Horva, di Gedung Parlemen Kroasia.

Politisi F-PG itu menambahkan, kerjasama parlemen Indonesia dan Kroasia bisa lebih ditingkatkan khususnya bidang energi dan lingkungan, mengingat kedua negara memiliki potensi besar dua sektor tersebut.

Indonesia dan Kroasia merupakan dua negara yang aktif menandatangi Perjanjian Paris 2015, karena itu diharapkan bisa saling bertukar pengalaman dalam menangani isu-isu perubahan iklim.

“Dari pertemuan kedua parlemen tersebut, kita menaruh harapan besar bahwa Indonesia-Kroasia mampu menjadi mitra yang kuat dalam pengembangan sektor energi baru dan terbarukan serta pengembangan LNG, sebab di Kroasia saat  ini sedang dibangun LNG receiving terminal terbesar yang akan beroperasi tahun 2020 mendatang. Ini akan menguntungkan bagi Indonesia yang memiliki kebutuhan LNG cukup besar,” pungkasnya.