Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Ini Reaksi Menteri Lukman

MONITOR, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan rasa syukur atas tren positif kenaikan indeks kepuasan jemaah haji. Ini diketahui berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut kalau indeks kepuasan jemaah haji tahun ini 84,85%, meningkat 1.02 % dibanding tahun 2016.

Meski demikian, Lukman mengingatkan jajarannya supaya tak terlalu cepat berpuas diri. Sebab menurutnya masih banyak hal-hal yang harus terus diperbaiki.

"Jangan puas dengan apa yang telah kita capai. Ada beberapa hal yang harus kita perbaiki dan perjuangkan, karena para jamaah kita banyak yang protes," ujar Menag, Rabu (01/11).

Lukman menilai, ada tiga hal yang harus diperbaiki dan diperjuangkan ke depan. Pertama, kualitas dan kapasitas tenda dan toilet di Armina. Kedua, katering/makanan di Armina. Ketiga, transportasi yang juga di Armina. "Ketiganya ini sangat perlu perhatian dan perbaikan serius," terangnya.

"Kita harus melobi, melakukan pendekatan dan meyakinkan Kerajaan Saudi, agar tenda bisa memiliki daya tampung lebih, kenyamanan dan toilet yang juga diperbanyak," ujarnya lagi.