HUT RI 72, Menkominfo jadi Instruktur Upacara di Alor NTT

MONITOR, Alor – Menteri Kominfo Rudiantara dalam safari tugas ke wilayah Alor Provinsi NTT melakukan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Lapangan Mini Kalabahi Kabupaten Alor. Rudiantara bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Sebelum Upacara dimulai, peserta upacara disuguhkan dengan drama perang perjuangan masyarakat Alor mengusir penjajah.

Dengan mengenakan baju adat Alor, selaku Inspektur Upacara Rudiantara menyampaikan pentingnya kita memaknai kemerdekaan yang diperjuangkan para pendahulu adalah untuk Indonesia bermartabat Indonesia berdaulat. Ini yang harus menjadi cerminan kita untuk bekerja mengisi kemerdekaan agar Indonesia terus semakiin bermartabat dan berdaulat. 

Rudiantara mengajak untuk meneruskan perjuangan. "Para pahlawan kita dahulu berjuang di medan tempur, kini kita menikmati negara yang berdaulat. Pejuang mengusir penjajah, kini harus kita isi dengan menjaga martabat," ujarnya.

"Perjuangan mereka bukan untuk sendiri tetapi untuk negeri dengan tekad untuk merdeka. Maka kini kita isi dengan tekad melayani itu mulia, maka mari kita abadikan nilai nilai pahlawan dengan melayani. " tambah Rudiantara.

Sejak kemerdekaan yang saat itu dipimpin Bung Karno dan Bung Hatta, Rudiantara menerangkan "Menuju ke kini di mana saat ini kita beriringan bersama Pak Joko Widodo dan Pak Jusuf Kala, yang tegas dalam prinsip bijaksana dalam memimpin."

Mengakhiri pidatonya, Rudiantara menyeru "Tema peringatan kemerdekaan kali ini sebagai refleksi Indonesia Kerja Bersama.

"Melangkah bangsa berdaulat dengan berangkat dari gotong royong. Kebersaman untuk menjaio lebih baik dengan gotong royong yang menjadi manifestasi kebersamaan di masyarakat. Gotong royong itu  budaya dan perekat sosial tanpa memandang suku agama dan ras. Marilah kita mendorong kebersamaan dan gotong royong dengan kemurnian hati dari timur matahari. Kemerdekaan ini juga harus diperjuangkan dari masa ke masa melalui karya karya nyata. Kini pembangunan juga sangat mendorong sisi pemerataan yang mempercepat pembangunan wilayah tertinggal," katanya.

Rudiantara menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Alor atas undangannya. Rudiantara menambahkan bahwa Bupati Alor dan jajaran adalah yang sangat aktif mengajukan usulan pembangunan jaringan telepon seluler dan memberikan kemudahan-kemudahan.

Selepas memimpin Upacara, Rudiantara turun ke lapangan menyapa peserta upacara yang berasal dan siswa -siswa sekolah dasar, SMP dan SMA, para jajaran kepolisian dan TNI serta para pamong praja. Tidak lupa Rudiantara juga bercengkerama dengan siswa siswa yang menjadi kelompok paduan suara dan marching band.

Selepas itu Rudiantara segera bergerak untuk menuju desa Tude yang berada di Pulau Pantar untuk meresmikan BTS 3T yang berfitur 4G.