Transaksi di Jakarta, Bupati Labuhanbatu Diciduk KPK

Tim penindakan KPK menangkap Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara dalam OTT

MONITOR, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergrilya memburu para koruptor. Setelah berhasil mengamankan anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Eni Saragih, lembaga antirasuah itu menangkap Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara, Pangonal Harahap, Selasa (17/7/2018).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan jika tim bidang penindakan KPK tengah melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Katanya, kegiatan penindakan berlangsung di Kabupaten Labuhanbatu dan Jakarta.

Sedikitnya 5 orang diamankan dalam OTT tersebut. Hanya saja Febri belum bisa memastikan siapa saja, dan jabatan para pihak yang sudah diamankan.

“Memang benar ada kegiatan tim penindakan KPK di Labuhanbatu dan Jakarta. Sekitar 5 orang diamankan sampai dengan Selasa malam ini. Di antaranya ada unsur kepala daerah di sebuah daerah di Sumatera Utara dan juga unsur swasta ada tiga orang,” ujar Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (17/7/2018) malam.

Lebih lanjut Febri mengungkapkan, penangkapan lima orang tersebut dibagi dalam dua bagian. Dua orang ditangkap di Jakarta dan tiga orang diciduk di Sumatera Utara.‎

Penangkapan dilakukan setelah KPK mendapat informasi akan ada transaksional. Indikasi awal dugaannya terkait dengan proyek di Dinas PU sebuah kabupaten.

Febri mengatakan, ada beberapa barang bukti yang sudah disita KPK termasuk uang tunai sebesar Rp 500 juta. “Untuk sementara ada bukti transaksi senilai ratusan juta dan uang tunai yang sudah disita. Uang tunai sedang dihitung. Dua dari lima orang yang diamankan tersebut termasuk seorang kepala daerah sudah berada di KPK dan menjalani pemeriksaan,” ucapnya.

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia