´╗┐

KPK Sita Uang Ratusan Juta Dalam OTT Adik Zulkifli Hasan

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan KPK ciduk Adik Zulhas

MONITOR, Jakarta – Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali berbuah hasil. OTT yang digelar di Lampung Selatan, Jumat (27/7) dini hari tadi, berhasil mengamankan 7 orang termasuk Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan yang notabene adik kandung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

“Betul tim KPK ada yang ditugaskan di daerah Lampung Selatan dini hari tadi mengamankan tujuh orang dari unsur kepala daerah/bupati, anggota DPRD, swasta, dan pihak lain yang terkait,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Jumat (27/7).

Turut disita uang Rp 700 juta dalam pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Sebelumnya, KPK mengendus adanya praktik korupsi terkait proyek infrastruktur.

“Kami melakukan crosscheck terhadap informasi yang dilaporkan oleh masyarakat tentang adanya dugaan transaksi,” ungkap Agus.

Selain itu, KPK juga menggeledah di tiga lokasi terkait kasus dugaan usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018. Ketiga lokasi penggeledahan tersebut dilakukan di apartemen Kalibata City yang dihuni tenaga ahli dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Lokasi lainnya, yaitu rumah dinas anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PAN, dan rumah pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan.