Hasil Survei INES, Prabowo Menang Telak Kalahkan Jokowi

MONITOR, Jakarta – Lembaga survei Indonesia Network Election Survei (INES) merilis hasil kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Jokowi-JK, serta menakar seberapa besar peluang Jokowi kembali menjadi presiden pada 2019 mendatang.

Direktur INES, Oskar Vitriano mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan, diketahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Jokowi-JK sangat rendah atau tidak puas.

Dari 2.180 responden hanya 19,5% yang menyatakan janji Jokowi-JK dipenuhi. Sedangkan sebanyak 68,2% mengatakan Jokowi tidak menepati janji. Sisanya 12,3% tidak menjawab.

“Kinerja pemerintahan Jokowi – JK sudah barang tentu akan punya pengaruh dengan pilihan masyarakat terhadap Parpol yang akan berlaga di Pileg 2019 dan tingkat keterpilihan Jokowi jika mencalonkan diri kembali sebagai Capres di Pilpres 2019,” kata Oskar dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (7/5).

Sementara itu, masih kata Oskar, ketika survei terhadap calon presiden dengan menggunakan tingkatan Top Of Mind, nama Ketua Umum Gerindra Prabowo bisa mengalahkan Joko Widodo atau Jokowi.

“Prabowo Subianto 50,1%, Joko Widodo 27,7%, Gatot Nurmantyo 7,4%, dan tokoh lain 14 %,” ungkapnya.

Bahkan, sambung dia, jika dilakukan secara tertutup, Prabowo masih mengungguli Jokowi. Dimana Prabowo meraih 54,5%. “Sedangkan Joko Widodo meraih 26,1%, Gatot Nurmantyo 9,1%, dan tokoh lain 10,3%,” ujar dia.

Untuk diketahui, penelitian INES ini dilakukan di 33 Provinsi di Indonesia pada 12 -28 April 2018. Jumlah responden yang dilibatkan adalah sebanyak 2.180 orang. Para responden pada penelitian ini tersebar secara proposional di 408 kabupaten/kota. Dengan Margin of error ± 2,1% pada tingkat kepercayaan 95%.