Hadiri May Day di Istora, Prabowo Diteriaki Ribuan Buruh

MONITOR, Jakarta –┬áRibuan massa buruh dari berbagai elemen berkumpul di Istora Senayan, Jakarta, Senin (1/5). Rencananya, kedatangan mereka untuk mendeklarasikan dan mendukung Prabowo Subianto maju dalam pencalonan Presiden 2019.

Dalam pantauan MONITOR, lokasi gedung Istora Senayan sudah cukup ramai dipadati oleh massa buruh yang menunggu hadirnya Prabowo Subianto.

Sesaat kemudian, Prabowo hadir diiringi riuh sorak gemuruh yang meramaikan seisi ruangan. Prabowo tidak datang sendirian, ia ditemani Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon.

Adapun elemen para buruh yang hadir diantaranya Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia), Serikat Oekerja Nasional (SPN), dan Federasi sertikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal meminta kontrak politik terhadap Prabowo Subianto sebagai salah satu dukungan terhadap Prabowo sebagai calon presiden 2019.

“Saat deklarasi dukungan kepada Prabowo, akan kami minta untuk menandatangani kontrak politik terkait sepuluh tuntutan buruh dan rakyat atau Sepultura yang harus dipenuhi ketika menjadi Presiden,” kata Said Iqbal di Jakarta, Selasa (1/5).

Sepultura tersebut antara lain upah layak bagi buruh, buruh kasar dari luar negeri tidak boleh bekerja di Indonesia, tenaga dan guru honorer diangkat menjadi Pegawai Negeri, perumahan murah, dan transportasi murah.

Dia menegaskan, kontrak politik itu sebagai bentuk komitmen Prabowo untuk memenuhi tuntutan para buruh ketika menang di Pilpres 2019 menjadi Presiden.