Hadiri Kongres HMI, Jokowi Beberkan Pembangunan Infrastruktur

MONITOR, Ambon – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Kongres ke-30 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), di Auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (14/2) pagi. Dihadapan ribuan kader HMI, Presiden Jokowi menyampaikan alasan pemerintahannya fokus membangun infrastruktur.

“Ini merupakan langkah awal yang dibutuhkan sebagai prasyarat pembangunan yang berkelanjutan. Untuk menopang ekonomi nasional kita, untuk bisa berkompetisi dengan negara-negara yang lain,” katanya.

Presiden juga menjelaskan, bahwa stok infrastruktur Indonesia, menurut laporan yang diterimanya baru mencapai 38%. Jauh kalau dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

Padahal, Menurut Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, infrastruktur untuk mempersatukan Indonesia.

“Betapa negara kita Indonesia bentangan panjangnya, betul-betul sangat panjang dan sangat luas sekali. Itu kalau diukur dari London itu sampai ke Istanbul di Turki, sudah melewati berapa negara. Sangat panjang sekali,”ujar Kepala Negara.

“Untuk menerangi desa yang selama ini gelap gulita, untuk penyediaan air yang selama ini banyak daerah kekeringan. Itulah pentingnya waduk. Untuk memperlancar arus barang bagi mereka yang selama ini terisolasi, untuk membuka akses bagi mereka yang selama ini tidak terhubung, dan untuk memberikan rasa keadilan terhadap mereka yang selama ini terabaikan,” tambahnya.