Golkar Desak Parpol Koalisi Segera Umumkan Capres Cawapres

Politisi senior Partai Golkar, Firman Soebagyo (Foto: dok detik)

MONITOR, Jakarta – Politikus senior Partai Golkar Firman Soebagyo mendorong partai politik (Parpol) untuk segera mengumumkan atau mendeklarasikan pasangan tetap Capres dan Cawapresnya.

Hal itu, dikatakan Firman, agar masyarakat mengetahui figur atau tokoh yang akan diusung sebagai pemimpin Indonesia kedepan. Selain itu, tujuannya untuk menghentikan hiruk pikuk dan perdebatan mengenai pasangan Capres maupun Cawapres tersebut.

“Kalau ini dapat segera dilakukan maka sangat baik untuk memberikan pembelajaran politik kepada masyarakat yang punya hak suara pada Pemilu akan datang, terkait siapa akan dicalonkan oleh partai politik untuk menjadi Capres dan Cawapres,” kata Firman saat dihubungi, Kamis (12/7).

Masih dikatakan Firman, saat ini partai politik masih belum berani secara terbuka menyampaikan siapa pasangan calon presiden dan calon wakil presidenya, baik dari koalisi pendukung Joko Widodo maupun Prabowo Subianto sendiri.

Firman berpandangan, Pilpres mendatang tidak hanya menjadi hak politik Parpol saja, tetapi juga menjadi hak politik masyarakat sebagai konsenkuensi diselenggarakan Pemilu langsung.

“Karena esensi dari pemilu secara langsung adalah pemilu untuk memilih calon pemimpinya yg terbaik melalui pemilu yang demokratis dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” pungkas anggota Komisi II DPR ini.