Gelar Sidak di Pasar Bandung, Mendag Pastikan Kepokmas Menjelang Natal Aman

MONITOR, Jakarta – Pemerintah memastikan kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) menjelang libur Natal dan Tahun Baru dipastikan aman dan tidak terjadi lonjakan harga yang tinggi.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat kujungan kerja ke Kota Bandung, Senin (4/12).

Saat berada di kota kembang tersebut, Mendag didampingi Dirjen Kemendag, jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat, Kadivre Bulog Jabar, dan PD Pasar Bermartabat Kota Bandung melakukan inpeksi mendadak (sidak) ke Pasar Kosambi Bandung.

"Stok yang tersedia semuanya aman dan jumlah perputaran masih normal. Daging masih normal, kemudian ayam memang ada kenaikan sedikit, tapi saya masih mentolelir. Dari peternak juga ada penyesuaian, tapi stok berlimpah," ujar Mendag Enggar.

Di pasar Kosambi, Mendag Enggartiasto memantau beberapa harga Kepokmas seperti beras, daging ayam, serta sayur-sayuran. Ia pun berbincang dengan sejumlah pedagang untuk memastikan stok yang tersedia aman dan terkendali.

"Jelang natal dan tahun baru aman. Daerah lain juga aman, karena kami sudah kirim beberapa eselon satu ke beberapa daerah terutama daerah-daerah yang tahun ke tahun konsumsinya tinggi," jelasnya.

Meski begitu, Mendag tetap melakukan upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan harga. Ia memerintahkan Bulog di setiap daerah untuk melakukan operasi pasar.Untuk memastikan aman dan ketersediaan kepokmas, Kemendag juga telah melakukan koordinasi bersama dinas terkait di daerah.

"Sekarang operasi pasar yang kita lakukan. Kita minta Bulog untuk semakin intens di semua pasar dan minta segera masuk ke toko-toko ke outlet. Bulog akan tetap di depan, ini dalam rangka stabilisasi harga untuk tidak ada permainan atau gejolak harga. Komunikasi kita dengan seluruh dinas provinsi di Indonesia, posisinya tidak ada gejolak, posisinya aman," demikian jelas Mendag Enggar.