Gelar Rapat Persiapan Mudik Lebaran 2018, Mendagri Puji Kemenhub

MONITOR, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, dirinya memberi apresiasi kepada Kementerian Perhubungan tentang koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran 2018.

"Kementerian Dalam Negeri sangat mengapresiasikan Kementerian Perhubungan dalam hal persiapan ini. Kunci sukses adalah pada koordinasi antara Kapolda dengan Gubernur, Kapolres dengan Bupati serta dibackup TNI dan Satpolpp," kata Tjahjo saat menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (30/1).

Menurut Tjahjo, nantinya dalam libur lebaran, sistem koordinasi akan berjalan dengan sistematis dengan bantuan pemerintah Daerah. Dimana Kementerian Komunikasi dan Informatika bertugas menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, Panglima TNI memberikan bantuan angkutan darat, laut dan udara sesuai permintaan, serta Gubernur, Walikota, Nupati sebagai koordinator penyelenggara sesuai wilayah kerja daerah masing -masing.

"Koordinasi yang Intensif antar perangkat daerah dan pemerintah vertikal di atasnya terhadap penyelenggaraan angkutan lebaran. Pemerintah daerah wajib menyediakan posko lebaran, Tim tanggap angkutan lebaran, penertiban terhadap aktivitas masyarakat yang mengganggu perjalanan (Pasar tumpah)," terang Tjahjo.

Selain itu, pihaknya berharap, Pemerintah daerah lebih tanggap terhadap gangguan keamanan (Teroris) dalam penyelenggaraan angkutan lebaran. "Ini lah perlunya integritas perencanaan dan pendanaan penyelenggaran angkutan umum," katanya.