Gelar Pertemuan Empat Mata, Ini yang Dibahas Megawati dan Airlangga

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Ketua Umum Golkar AIrlangga Hartarto (dok: Jawa pos)

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, pertemuan khusus yang dilakukan antara Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam rangka memperkuat kerjasama kedua partai politik, terutama berkaitan dengan pemenangan Jokowi di Pilpres 2019 nanti.

Untuk diketahui, pertemuan yang berlangsung hampir dua jam lamanya itu digelar di kediaman Megawati, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (16/7) kemarin.

“Pada kesempatan tersebut juga disepakati pentingnya dukungan kepada Presiden Jokowi, juga disertai dengan agenda penataan sistem dan kelembagaan politik nasional agar sesuai dengan Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa,” kata Hasto mengulang apa yang disampaikan Airlangga dalam pertemuan tersebut, Selasa (17/7).

Menurut Airlangga, sambung Hasto, Di kalangan Golkar masih banyak politisi senior yang berkompeten untuk kemudian dibentuknya tim kerja dalam rangka mengkaji kemungkinan proses amandemen undang-undang dasar (UUD) 1945.

“Tentunya, kemudian memperjuangkan bagaimana MPR memiliki kewenangan di dalam menetapkan garis besar haluan negara (GBHN),” paparnya.

Megawati menyambut baik atas gagasan tersebut, Hasto menerangkan bagaimana putri sang proklamator tersebut dengan serius menceritakan Bung Karno pada 1960- and mengumpulkan lebih dari 600 doktor dan merancang pola pembangunan semesta berencana.

“Pola Pembangunan Semesta tersebut harus dipelajari kembali dan ditangkap ruhnya sebagai haluan negara yang menjabarkan Pancasila agar Indonesia berdaulat, berdikari, dan berkebudayaan,” sebut Hasto.

Lebih lanjut, mengenai siapa yang akan ditetapkan sebagai calon wakil presiden, kedua ketua umum partai yang memiliki hubungan akar sejarah yang kuat itu bersepakat bahwa hal tersebut akan dibahas bersama dengan Presiden Jokowi.

“Tentunya hal tersebut akan didialogkan bersama. Yang pasti, pertemuan tersebut sangat kondusif dan banyak hal fundamental yang dibahas terkait dengan kerjasama kedua partai saat ini dan kedepan nantinya,” pungkasnya.