Gandeng Bawaslu, Kowani Akan Beri Pembekalan bagi Caleg Perempuan

MONITOR, Jakarta – Kongres Wanita Indonesia (Kowani) akan menggelar kegiatan sosialisasi UU nomor 7 tahun 2017, terkait Pemilihan Umum dan Pembekalan Caleg Perempuan, pada Rabu (28/2) besok. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Ketua Panitia Ibu Pia Megananda mengatakan, acara sosialisasi yang digawangi bidang Politik Kowani itu bertujuan untuk memberikan pemahaman para caleg perempuan terkait UU Pemilihan Umum.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum," ujar Pia dalam keterangan tertulis, Selasa (27/2).

Ia menjelaskan, melalui kegiatan ini para lembaga penyelenggara dan pengawas pelaksanaan Pemilu, baik KPU, Bawaslu dan Partai Politik serta Pemerintah, diharapkan saling menjaga komitmen untuk meningkatkan keterwakilan perempuan pada lembaga legislatif. 

"Semoga melalui forum ini, bisa merumuskan upaya terobosan maupun strategi dalam rangka meningkatkan keterwakilan perempuan di lembaga legislatif," tambahnya.

Sekadar informasi, kegiatan yang dilakukan di Gedung Kowani jalan Imam Bonjol no.56 Menteng, Jakarta Pusat, ini akan menghadirkan sejumlah narasumber andal. Diantaranya adalah Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, anggota KPU RI Evi Novida Ginting, anggota Bawaslu RI Dewi Pettalolo, anggota Komisi II DPR Hetifah Sjaifudian, Dosen FISIP UI Chusnul Mar'iyah dan Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni.