Formasi CPNS Semua Jurusan Diperbanyak

MONITOR, Jakarta – Untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negera (ASN) berkualitas baik, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka formasi CPNSuntuk semua jurusan, khususnya di bidang birokrasi.

Hal ini dilakukan karena selama ini, SDM-SDM yang berkualitas yang berasal dari jurusan-jurusan tertentu tidak bisa dipakai negara hanya karena jurusannya tidak disediakan pada formasi CPNS.

"Kan tidak ada orang atau fakultas untuk pelayanan KTP atau pelayanan publik lainnya, jadi apapun bidangnnya bisa, kecuali ada jurusan-jurusan tertentu seperti kedokteran, hakim, jaksa dan lainnya kenapa harus membatasi dengan jurusan-jurusan itu, sekarang kan SDM nya banyak, anak-anak muda sekarang banyak yang pintar dan punya kompetensi," ujar Kepala BKN Pusat, Bima Harya Wibisana, usai membuka pelatihan Kompetensi dan Potensi di BKN Palembang, Selasa (4/7/2017).

Menurut Bima, sebetulnya jabatan di birokrasi jabatan yang tidak spesifik, karena di dalam pemerintahan mereka harus dilatih.

Bima mengatakan, sejak 2014 lalu, pihaknya sudah mulai membuka formasi CPNS untuk semua jurusan, terutama untuk di tempatkan di birokrasi pemerintahan.

"Kalau SDM-nya baik pasti pelayanan publik juga akan cepat dilayani. Selama ini SDM yang baik ini justru tidak mendapatkan kesempatan karena tidak ada jurusan untuk menjadi PNS, sehingga orang-orang hebat di Indonesia ini diambil oleh negara lain, seperti Jerman," ungkapnya.

Bima menambahkan semakin ke depan akan dibesarkan sehingga orang2 pintar jurusan langka tidak .

"Ini harus dibuka sehingga kita mendapatkan keranjang dengan buah terbaik, sehingga orang-orang pintar jurusan terbaik, dan lulusan terbaik tidak diambil oleh negara lain. Banyak anak-anak cumlaude ini diambilah oleh Jerman, diambil oleh Jepang. Misalnya jurusan teknik nuklir terbaik harus diambil negara lain hanya karena tidak ada lowongan untuk mereka," tambahnya.

Sementara itu, untuk tahun ini, pihaknya sudah mulai melakukan penerimaan CPNS.

"Untuk penerimaan CPNS tahun ini dimulai dengan penerimaan jabatan-jabatan diKemenkumham, kami dulukan untuk jabatan-jabatan penjaga lembaga permasyarakat, imigrasi, dan jabatan-jabatan dilainnya," ujarnya.