Enggan Mencaci, SBY Berikan Saran untuk Presiden AS

MONITOR, Jakarta – Sejumlah tokoh dunia tak segan mengeluarkan kritik tajam nan pedas terkait pernyataan Presiden AS Donald Trump, yang mengklaim kota Jerusalem sebagai Ibukota Israel. Begitupun di Indonesia, para tokoh nasional ramai-ramai mencaci dan mengecam tindakan kontroversial politisi dari partai Republik itu.

Hal ini tak luput dari pantauan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Politikus asal Pacitan ini enggan mencaci tindakan konyol Trump, namun ia lebih mengekspresikannya dalam bentuk saran yang halus.

"Belumlah terlambat bagi Presiden Trump untuk membatalkan keputusan dan kebijakannya yang "menetapkan" Yerusalem sebagai ibukota Israel," ujar SBY melalui akun Twitternya.

Pendiri Partai Demokrat ini menyatakan, pernyataan Trump sedikit berlawanan dengan rakyat Amerika. SBY yakin, mayoritas rakyat Amerika tidak setuju dan mendukung keputusan Trump yang kini menjadi sorotan dunia.

"Saya yakin rakyat Amerika tidak ingin disalahkan sejarah akibat tindakan pemimpinnya, perdamaian dan keamanan dunia terancam dan memburuk," tegas ayah dari Agus Harimurti Yudhoyono ini.