Dukung Santripreneur, Luhut Minta Santri Melek Teknologi

MONITOR, Kediri – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta santri agar melek teknologi dan mendorong mereka untuk belajar serta bekerja, sehingga siap berkompetisi mengikuti perkembangan zaman. Hal itu dikatakannya seiring diluncurkannya program 'Santripreneur' oleh Kementerian Perindustrian.

"Teknologi industri berkembang cepat. Pemerintahan Presiden Jokowi juga melakukan perubahan lebih efisien dan efektif, dan itu menggunakan teknologi informasi. Sekarang terkoneksi dalam jaringan, jadi kalian (santri) juga harus berpikir ke sana," tutur Luhut saat berkunjung ke Pesantren Lirboyo, Kediri, jawa Timur, bersama Menperin Airlangga Hartarto. 

Luhut juga menyampaikan pentingnya kemajuan teknologi digital yang perlu dimanfaatkan oleh para santri. "Saya memberikan pesan pada anak muda bagaimana pentingnya kemajuan teknologi. Para santri juga bisa mengisi kemampuan di bidang teknologi tersebut, selain agama yang membuat mental mereka lebih baik," ujarnya.

Luhut berharap Pondok Pesantren Lirboyo bisa menjadi salah satu pesantren percontohan yang mampu mengembangkan bidang teknologi. “Sumber daya manusia di pesantren ini banyak dan mereka bisa belajar bahkan hingga luar negeri,” imbuhnya.