Dukung Foodtruck, Jokowi Puji Ide Kreatif UMKM

MONITOR, Bogor – Presiden Joko Widodo menyambut baik ide kreatif para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau foodtruck. Presiden mengaku sangat mendukung hal tersebut.

"Ya memang harusnya seperti ini, makanan lebih keliatan higienis ya kan," ujar Presiden saat memantau beberapa gerai foodtruck yang parkir di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu pagi.

Jokowi menyatakan, foodtruck merupakan inovasi yang dapat dilakukan pedagang kaki lima dalam menjual makanan. Ia pun menilai, inovasi sistem ini dapat mulai dikembangkan di wilayah DKI Jakarta.

Namun lagi-lagi mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, yang paling harus diperhatikan yakni peningkatan kualitas dan layanan.

"Yang paling penting itu, higienis dan dilihat levelnya naik lah. UMKM kita harusnya dibantu begini," ujar Presiden.

Perlu diketahui, komunitas foodtruck diundang ke acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Kantor Staf Kepresidenan untuk menyajikan makanan/minuman bagi para peserta. Delapan kendaraan yang terdiri antara lain truk dan VW Combi yang dimodifikasi berjejer di pinggiran jalan taman Istana Kepresidenan Bogor yang menghadap ke Kebun Raya Bogor.