Duet Dedi Mulyadi-Ridwan Kamil Diprediksi Bakal Tak Tertandingi

MONITOR, Jakarta – Pengamat Politi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menyoroti ketatnya persaingan calon kandidat dalam kontestasi Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. 

Tapi Menurutnya, ada calon kandidat yang paling kuat. Yakni, Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Keduanya merupakan sosok paling unggul, jika dilihat dari elektabilitas dan popularitas

"Dua tokoh yang kuat, Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi dilihat dari elektabilitas dan popularitas," ujar Emrus Sihombing kepada MONITOR, Jumat (25/8).

Menurut Emrus, gaya kepemimpinan Ridwan Kamil dianggap berhasil membangun kota Bandung saat ini. Sedangkan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi juga berhasil memadukan kepemimpinan dengan kultur sunda. 

"Ridwan Kamil berhasil membangun kota madya Bandung, sedangkan Dedi Mulyadi bisa mengkombinasikan gaya kepemimpinan dengan kultur sunda," ungkap Doktor Komunikasi, Universitas Padjajaran, Bandung itu. 

Selain itu, menurut Emrus jika kedua calon kandidat tersebut diduetkan dalam pilkada Jawa Barat mendatang. Maka, siapapun lawannya tidak akan mampu menandingi Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi. 

"Jika kedua calon tersebut dipasangkan dalam pilkada Jawa Barat maka siapapun lawannya tidak akan ada yang bisa menandinginya." tandas Emrus Sihombing. 

Seperti diketahui bahwa Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 2018 mendatang dipastikan akan semarak. Beberapa provinsi dan kota besar di Indonesia. Salah satunya Jawa Barat, provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia.