DPR Terima Calon Tunggal Panglima TNI Usulan Presiden

MONITOR, Jakarta – Memasuki masa pensiun Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pada Maret mendatang, rupanya Presiden Joko Widodo telah mempersiapkan calon tunggal pengganti Gatot.

Diketahui, sosok yang dijagokan Presiden yakni Marsekal Hadi Tjahjanto. Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Informasi ini diungkapkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (4/12) pagi.

“Surat saya terima dan diserahkan langsung kepada Plt. Sekjen DPR Ibu Damayanti untuk kita proses. Kebetulan hari ini kita akan menyelenggarakan Rapim, nanti siang rencananya, diharapkan juga ada Bamus untuk membahas beberapa agenda, termasuk untuk prolegnas dan beberapa agenda lain,” ujar Fadli Zon menjelaskan kembali kabar tersebut.

Terkait hal itu, Fadli menyatakan pihaknya akan segera mengkoordinasikan surat tersebut dengan pimpinan Komisi I DPR dan juga fraksi-fraksi. Untuk selanjutnya, mekanisme pemrosesan terhadap pencalonan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Setiap surat dari Presiden akan dibacakan dalam paripurna. Kemudian, penugasan itu akan diserahkan biasanya kepada Komisi I,” ujar Fadli menegaskan.