DPR RI Ingatkan Pemerintah Cermati Lonjakan Harga Jelang Idul Fitri 2018

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo saat diwawancaraa awak media (IG Bamsoet)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau bahwa Pemerintah diminta untuk mencermati perkembangan mengenai kebutuhan pokok atau Sembako jelang Idul Fitri 2018. Terutama, mengenai adanya lonjakan kenaikan harga di masyarakat.

“DPR juga mendorong pemerintah untuk mercermati perkembangan di pasar kebutuhan pokok masyarakat,” kata Bamsoet.

“Pasar sudah merespons persiapan masyarakat menyongsong Idul Fitri, yang ditandai dengan kenaikan harga sejumlah komoditi,” tambahnya.

Dikatakan Bamsoet, Pemerintah selaku regulator hendaknya segera turun ke pasar untuk mengelola dan mengamankan stok serta mengendalikan harga.

Menurut dia, sepanjang bulan suci Ramadhan, ada perkiraan bahwa harga daging sapi dan daging ayam akan naik, termasuk harga telur ayam sudah naik cukup tinggi.

“Juga dilaporkan bahwa harga bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit juga mulai naik. Dan kecenderungan ini tentu harus diwaspadai, karena sepanjang periode puasa ramadhan hingga Idul Fitri, konsumsi masyarakat dipastikan naik,” papar politikus Golkar itu.

“Faktor naiknya permintaan itu dikhawatirkan akan dimanfaatkan para spekulan menimbun barang dan mendongkrak harga. Untuk mencegah penimbunan komoditi dan gejolak harga itu, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri pun hendaknya mulai diterjunkan di semua daerah,” pungkasnya.