DPR Masih Tunggu Surat Golkar Tunjuk Ketua DPR Baru

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan Pimpinan DPR hingga hari ini belum menerima surat dari Fraksi Partai Golkar terkait nama calon Ketua DPR pengganti Setya Novanto.

Padahal rumor yang beredar di internal Golkar sudah menunjuk Bambang Soesatyo sebagai ketua DPR RI yang baru.

"Surat dari Fraksi Golkar hingga pagi ini belum ada yang masuk sehingga kami tetap menunggu usulan dari Golkar," kata Agus Hermanto di gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (12/1).

Agus menjelaskan, yang terpenting dalam proses pergantian Ketua DPR itu, Fraksi Partai Golkar mengirimkan surat dahulu kepada Pimpinan DPR terkait nama kader partai tersebut yang akan menjadi Ketua DPR.

Selanjut, menurut Agus, Pimpinan DPR akan memproses sesuai peraturan perundang-undangan.

"Setelah surat masuk ke Pimpinan DPR maka dilakukan Rapat Badan Musyawarah untuk menjadwalkan Rapat Paripurna. Dalam Paripurna akan disampaikan surat tersebut lalu meminta persetujuan anggota DPR untuk disahkan Ketua DPR yang baru," katanya.

Ipar Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Politisi Partai Demokrat ini mengatakan kalau melihat tren dinamika yang terjadi, maka kemungkinan besar pekan depan institusinya memiliki Ketua DPR yang baru.

Agus juga menyakini Partai Golkar ingin segera kadernya menduduki kursi Pimpinan DPR sehingga prosesnya tidak akan diperlambat.

Sebelumnya, Politisi Partai Golkar Ahmadi Noor Supit mengatakan Ketua DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto telah menunjuk Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

"Sudah fix namanya BS, namanya Bamsoet," kata Supit usai rapat pleno Fraksi Partai Golkar kemarin, Kamis (11/1).

Supit mengatakan keputusan itu tinggal menunggu hasil rapat pleno DPP Partai Golkar yang digelar dalam waktu dekat dan segera diumumkan secara resmi.

Supit mengatakan keputusan pergantian Ketua DPR sudah diambil sejak lama dan telah melalui proses sosialisasi dan klarifikasi kepada seluruh calon kandidat pengganti Novanto.