DPR Akan Penuhi Hak Korban Ledakan Pabrik di Kosambi

MONITOR, Jakarta – Insiden ledakan di sebuah gudang pengepakan kembang api milik PT Panca Buana Cahaya Sukses di daerah Kosambi, Tangerang, pada Kamis (26/10) lalu, menyebabkan trauma bagi para pekerja dan masyarakat sekitar.

Terkait hal itu, Ketua DPR RI Setya Novanto meminta aparat kepolisian untuk menindaklanjuti penyebab terjadinya ledakan tersebut. Novanto ingin ada kejelasan, sehingga kedepannya tidak terjadi lagi kejadian serupa.

"Kita jangan main-main dengan keselamatan kerja. Apalagi ini gudang kembang api. Perlu dicari tahu, apakah prosedur keselamatan sudah dilakukan atau belum," ujar Setya Novanto kepada wartawan.

Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan, DPR tidak akan tutup mata dalam menyikapi masalah ini. Terlebih Komisi IX DPR RI, kata Novanto, akan lebih agresif dalam menangani tenaga kerja di pabrik tersebut.

"Sebagai mitra kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Komisi IX DPR RI akan membahasnya dalam Rapat Dengar Pendapat. Kita juga ingin memastikan para pekerja disana, terutama keluarga yang menjadi korban meninggal dan luka-luka, terpenuhi haknya," tegas Novanto.