Donor Darah, Cara Kemenhub Peringati Harhubnas

MONITOR, Jakarta – Donor darah menjadi cara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperingati Hari Perhubungan nasional (Harhubnas) 2017. Terlibat 200 pegawai kemenhub dan taruna-taruni Sekolah Kedinasan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam acara tersebut.

Menter Perhubungan (Menhub), Budi karya Sumadi menuturkan, bakti sosial berbentuk donor darah ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi nilai sosial pembangunan nasional, yang merupakan satu dari lima citra insan perhubungan.

“Saya menyambut baik kegiatan bakti sosial donor darah ini sebagai wujud implementasi nilai-nilai sosial yang menjadi salah satu pilar suksesnya pembangunan nasional. Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan lima Citra Manusia Perhubungan,” Ujar Budi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (4/9).

Lebih lanjut Budi menambahkan, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya penanaman jiwa dan semangat rela berkorban tanpa pamrih dalam menjalankan tugas negara.

“Sikap tanggap dapat diwujudkan dalam kegiatan yang bermanfaat, salah satunya melalui kegiatan donor darah. Melalui kegiatan ini jiwa dan semangat rela berkorban tanpa pamrih serta tanggap terhadap lingkungan sekitar dapat dikembangkan dan ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Menhub.

Selain kegiatan donor darah juga diadakan sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara yang diinisiasi Dharma Wanita Kemenhub sebagai upaya pencegahan kanker pada wanita.

“Saya apresiasi Dharma Wanita Kemenhub mengadakan sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara karena jika seseorang mengalami penyakit tersebut, dia akan merasa tertekan. Oleh karenanya program ini bagus sekali dan kita mendukung supaya ini bisa juga disosialisasikan di daerah-daerah,” terang Budi.