Doa Lintas Agama, Cara Menteri Khofifah Buka Jalan Sehat Kebangsaan

MONITOR, Jakarta – Menteri Sosial, Khofifah indar Parawansa membuka acara Jalan Sehat Kebangsaan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2017, di Jakarta, Minggu (5/11). Sebelum dimulai, doa bersama lintas agama digelar untuk mengawali kegiatan ini.

"Aspek spiritualitas dan kerja keras kita tetap membutuhkan pertolongan Allah SWT, sehingga doa menjadi penting untuk merekatkan kehidupan kita sebagai sebuah bangsa," ujar Khofifah.

Doa bersama tersebut dipimpin oleh masing-masing perwakilan pemeluk agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Islam diwakili oleh Wakil Imam Besar Masjid Istiqlal Syarifuddin Muhammad, dan umat Kristen diwakili oleh Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Hendriette Lebang Hutabarat.

Sedangkan, Katolik diwakili Sekretaris Komisi Hubungan Antar Umat Beragama Wali Gereja Indonesia Romo Agustinus Ulahayanan, umat Hindu diwakili oleh Astono Chandra Dana dari dari Parisada Hindu Dharma Indonesia, dan umat Budha diwakili oleh Samanera Kantisilo dari Wali Umat Budha Indonesia (Walubi).

Selain Menteri Sosial, sejumlah tokoh serta pejabat Kementerian Sosial turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Khofifah mengatakan, doa lintas agama sebelum jalan sehat kebangsaan merupakan bagian penting sebagai upaya perekat kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selepas doa bersama, Menteri Sosial kemudian melepas peserta jalan sehat.