Dinilai Lemahkan KPK, M Prasetyo Lakukan Klarifikasi

MONITOR, Jakarta – Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo mencoba meluruskan persepsi publik terkait pernyataannya yang dinilai melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi.

M Prasetyo mengatakan, Kejaksaan Agung (Kejagung) merupakan lembaga yang mendukung kinerja KPK . Bahkan, Ia mengaku lembaga yang dipimpinnya tersebut kerap saling membantu dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Kejaksaan Agung adalah pendukung utama KPK saat ini. Banyak hal yang telah kami lakukan ke KPK,” katanya usai menerima delegasi China Law Society di Jakarta, Kamis (14/9).

Prasetyo menegaskan, bahwa dirinya sama sekali tidak meminta wewenang penuntutan diserahkan ke Kejagung. Mengingat, terkait kebijakan tersebut sudah diatur oleh negara.

“Jadi, bukan saya meminta wewenang penuntutan diserahkan ke Kejaksaan Agung karena itu sepenuhnya kebijakan politik negara seperti apa,” tegasnya.

Prasetyo menambahkan, saat ini, penuntut umum di KPK berasal dari jaksa pilihan Kejagung sebagaimana amanat UU No. 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selanjutnya, Prasetyo menuturkan, Kejagung menyadari bahwa untuk memberantas korupsi di Indonesia perlu didukung semua pihak, tentunya dengan upaya yang bersinergi.

“Kami tahu persis bahwa tidak pidana korupsi harus ditangani bersama-sama. Itulah pentingnya saling bersinergi,” tutur Prasetyo.