Diantara 4 partai baru, hanya Perindo yang diprediksi bakal lolos PT

MONITOR, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 4 partai baru yang lolos verifikasi dan berhak mengikuti pemilu 2019. Keempat partai tersebut adalah Partai Garuda, Partai Berkarya, Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Empat partai baru yang berhasil lolos diprediksi tidak akan mudah bersaing dengan 10 partai senior yang lebih dulu ada mengikuti pemilu. Partai-partai baru harus berjuang agar mereka bisa dikenal oleh masyarakat, sehingga bisa lolos parlemen thresold  (PT) atau ambang batas pemilih. 

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan, partai baru sepertinya masih sulit untuk bisa lolos Parlemen Thresold (PT), dia memperkirakan hanya Perindo hingga saat ini yang kemungkinan bisa lolos PT. 

"Berdasarkan survey kami, mengenai partai baru termasuk PSI, Partai Garuda, bahkan Partai Berkarya masih sulit untuk bisa mendapatkan PT, hanya Partai Perindo yang kemungkinan lolos PT, akan tetapi itu nasih tergantung caleg-nya nanti, terkenal apa tidak, jika calegnya populer kemungkinan bisa menaikan ekektabilitas partainya, karena saat ini kebanyakan pemilih tidak melihat partainya," ujarnya.

Selain itu, menurutnya untuk partai-partai lama yang terkena konflik agak sulit untuk bisa mencapai PT. 

"Selain partai baru, partai-partai yang terkena konflik nampaknya juga Sulit bisa mencapai PT, hanya mereka yang tidak terkena konflik yang bisa meraihnya," kata di Hotel Oria Jakarta Pusat.