Desmond Mahesa Keberatan KPK Dibekukan

MONITOR, Jakarta – Usulan pembekuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh anggota Pansus Angket KPK Henry Yosodiningrat menuai pro kontra dari berbagai pihak. Seperti halnya Wakil Komisi III DPR, Desmond J Mahesa. Ia mengatakan tidak setuju atas usulan tersebut.

Politisi Gerindra ini menganggap usulan Henry Yoso adalah hal yang keliru. Sebab menurut Desmond, daripada membubarkan KPK lebih baik 'menyikat' oknum KPK yang selama ini telah membuat kerja lembaga anti rasuah tersebut tidak fokus.

"Kami di Gerindra pasti menolak (jika KPK dibekukan)," kata Desmond kepada wartawan, Jakarta, Senin (11/9).

Politikus asal Manjarmasin ini menilai, tidak semua orang yang berada di KPK melakukan abuse of power. Oleh sebab itu, kehadiran Pansus Angket sendiri untuk membenahi dan memperkuat KPK.

"Apakah semua orang di KPK kotor semua melakukan abuse itu? Menurut saya tidak lah. Yang tidak layak, menurut saya, memang harus diberhentikan," tandas Desmond.

Sebelumnya, anggota Pansus Hak Angket KPK di DPR Henry Yosodiningrat meminta agar KPK dibekukan. Permintaannya dilandasi temuan-temuan yang sudah didapat pansus angket sejauh ini.

"Rekomendasi dari kita apa misalnya, merevisi (UU KPK). Kalau perlu sementara stop dulu (bekukan) deh misalnya. KPK stop, ini tidak mustahil," kata Henry di Jakarta, Jumat (8/9) lalu.