Densus Tipikor Ditarget Rampung Akhir Tahun, Komisi III Akan Bahas Dengan Hati-hati

MONITOR, Jakarta – Polri menargetkan pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) rampung akhir tahun ini, agar langsung bertugas pada 2018 mendatang. Demikian Komisi III DPR yang kini terus menggodok rencana tersebut.

Kendati ditargetkan rampung cepat, Anggota Komisi III DPR Risa Mariska menyatakan, pembahasannya di DPR tentu perlu kehati-kehatian mengingat domain Densus Tipikor akan bersinggungan dengan institusi lain, misalnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kalau dari Polri target desember 2017. Tapi juga saya pengen Densus tipikor ini tidak untuk saling berkompetisi dengan KPK. domain-domain harus kita pisahkan. Ini domain KPK dan ini domain densus tipikor. Saya yakin pembentukanya pasti cukup hati-hati lah," ujar Risa Mariska kepada wartawan di Jakarta. Senin, (2/10).

Dibalik kehati-hatian tersebut, Riska juga berharap dengan terbentuknya Densus Tipikor nantinya akan meningkatkan sinergi antar institusi yang sama-sama memiliki domain pemberantasan tindak pidana korupsi.

"Nah tinggal bagaimana kita perkuat apa sih kelemahan selama ini. Kalau kita lihat kinerja kedua lembaga itu semakin baik, ya semakin baik, kerugian negara yang dikembalikan cukup efektif. Saya kira densus tipikor bagus," Harapnya.

Hari ini, Komisi III diagendakan menggelar rapat dengan Polri guna membahas lebih lanjut terkait Densus Tipikor. Namun karena alasan tertentu rapat tersebut akhirnya ditunda. "Harusnya hari ini (rapat-red), namun karena mereka ada acara makanya kita tunda dulu," tuturnya.