Demokrat Pastikan Pertemuan SBY-Prabowo Matangkan Koalisi

Waketum Demokrat Syarief Hasan saat ditemui di Mega Kuningan (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Setelah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sowan kepada Ketum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kini giliran SBY yang menyambangi Prabowo. Keduanya berencana akan membicarakan tawaran dan koalisi.

Waketum PD Syarief Hasan mengatakan pertemuan tersebut untuk mengkonkritkan hasil pertemuan sebelumnya. Ia membenarkan bahwa keduanya membahas beberapa tawaran yang nantinya akan jadi pertimbangan kedua belah pihak.

“Kelanjutan dari pada pertemuan pertama. Hari ini dikongkritkan,” kata Syarief di Kediaman Prabowo, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Senin (30/7).

Namun, Syarief menuturkan, dalam pertemuan tersebut disinyalir belum ada pembahasan mengenai capres-cawapres. Mengingat pembahasan mengenai posisi cawapres perlu dirundingkan bersama partai koalisi, agar mendapat titik temu dari tawaran masing-masing parpol yang ada dalam koalisi.

“Kalau (bicara mengenai) capres dan cawapres kayanya sih belum karena soal cawapres harus dibicarakan di antara partai koalisi,” ujarnya.

Meski demikian, Syarief menyakini bahwa dalam pertemua tersebut akan ada peningkatan dalam pembahasan mengenai koalisi pada pertemuan yang digelar hari ini. Sehingga menurutnya, peningkatan tersebut, sebagai petanda bahwa ada kecocokan antara PD dan Gerindra maka pembicaraan lebih lanjut dan harus dimatangkan.

“Saya pikir pasti akan ada peningkatan karena kalau pertemuan dari pertemuan itu. Salah satu tanda ada kecocokan,” beber Syarief.

“Pertama kita ingin mengkongkritkan platform bersama. Kemarin kan secara makro. Nah sekarang mungkin dikupas satu persatu misalnya program pemberdayaan rakyat, bantuan untuk rakyat, bantuan kesehatan rakyat,” tandasnya.