Demi Keutuhan NKRI, Masyarakat Diminta Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid mengatakan semua elemen masyarakat wajib menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Tujuanya yakni agar Indonesia tidak mudah dipecah belah oleh kelompok-kelompok yang menginginkan keutuhan bangsa ini hancur.

"NKRI harga mati, jadi wajib hukumnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini," kata Sodik dalam siaran tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (21/11).

Menurut Sodik, dalam kontek hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia, semua warga negara wajib memahami dan mengamalkan konstitusi dan nilai-nilai kebangsaan. Baik itu yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika ataupun NKRI.

"Sebagai warga negara yang baik, memahami dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan wajib hukumnya, hal ini dimaksudkan agar jati diri bangsa ini semakin kuat," tutur Sodik.

Oleh sebab itu, dalam acara sosialisasi kebangsaan yang digelar di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ketua DPP Partai Gerindra asal daerah pemilihan Jawa Barat ini berharap semua pihak, baik itu tokoh masyarakat, ulama serta lembaga-lembaga pendidikan tak bosan memberikan pemahaman terkait konstitusi negara.

 "Kita harus hidup berdampingan, tidak boleh mengkotak-kotakan atau membeda-bedakan antara golongan satu dengan yang lain. Untuk itu, dalam upaya menjaga keuntuhan bangsa, serta untuk memberikan pemahaman kebangsaan tentunya butuh peran semua elemen masyarakat," imbuh Sodik.