Decak Kagum Zulhas Saat Jokowi Jadi Imam Shalat di Afghanistan

MONITOR, Jakarta – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Afghanistan, Senin (29/1) kemarin menuai pujian, selain karena kunjungan tersebut membahas banyak rencana terkait hubungan baik Indonesia-Afghanistan, salah satu yang menyita perhatian yakni saat Jokowi menjadi imam shalat di sana.

Adalah Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan yang mengungkapkan kekagumannya. Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, sebuah kehormatan bagi Indonesia ketika Presidennya menjadi imam di luar negeri, terlebih Afghanistan dikenal rawan konflik.

"Alhamdulillah Pak Presiden Kita, jadi imam," ujar Zulhas, sapaan akrab Zulkifli di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (30/1).

Selain mengungkapkan kekagumannya, Zulkifli juga menceritakan bahwa Jokowi pernah satu kali menjadi imam shalatnya. "Saat shalat Magrib di Stadion Utama (Gelora Bung Karno) waktu kita nonton bola," katanya.

Ketika ditanya, apakah wajar ketika seorang tamu menjadi imam? Zulhas menilai, saat itu Jokowi dianggap sebagai tamu kehormatan di Afghanistan.

"Ya kan kalau diberi kehormatan tidak apa-apa," tukas Zulhas.

Seperti diketahui, dalam kunjungannya ke Afghanistan, Jokowi disambut langsung oleh Presiden Ashraf Ghani. Dilanjut dengan serangkaian kegiatan kenegaraan yang ditutup dengan pernyataan pers bersama.