Dalam Sebulan BNN Sita 37,25 Kg Sabu dan 26.005 Butir Ekstasi

MONITOR, Jakarta  – Badan Narkotika Nasional (BNN) menyatakan, dalam satu bulan terakhir pihaknya telah menyita narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 37,25 kilogram dan 26.005 butir ekstasi.

Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso (Buwas) menyatakan, narkoba sitaan tersebut didapatkan BNN dari empat jaringan narkotika internasional di empat wilayah berbeda di Indonesia. 

"BNN kembali menggagalkan upaya peredaran narkotika jenis sabu-sabu dan ekstasi yang dilakukan oleh empat jaringan narkotika nasional di empat wilayah berbeda dalam kurun waktu sebulan terakhir," kata Buwas di Gedung BNN, jakarta, pada Selasa (10/10).

Kasus pertama, Kata Buwas, penangkapan sindikat peredaran narkotika jenis ekstasi di Bandung pada tanggal 8 dan 9 September 2017. 

Kedua, kasus penggerekan pabril ekstasi di Medan Barat pada September 2017 silam.

"Kasus kedua BNN melakukan penggerebekan di sebuah rumah di Jalan Danau Batur Nomor 24 Lingkungan 3 Kelurahan Sei Agul Kecamatan Medan Barat pada 8 September 2017. Rumah tersebut dijadikan pabrik pil ekstasi," kata Buwas.

Sedangkan kasus ketiga adalah diamankannya 11,6 kilogram sabu-sabu asal Tawau, Malaysia pada 23 September 2017 di Tarakan, Kalimantan Utara.

"BNN Berhasil menangkap tersangka A, AH, H, R dan AB. Tersangka AB sebagai pemodal yang sedang menjalani hukuman di Lapas Kelas II A Tarakan," papar Buwas.

Terkahir, kasus keempat, pada 5 Oktober 2017, BNN bersama Polda Riau berhasil mengungkap jaringan peredaran narkotika internasional dengan barang bukti 25,56 kilogram sabu-sabu dan 25.000 butir ekstasi.

"Tim gabungan ini mengamankan dua orang pelaku yaitu Z dan J di Jalan Lintas Timur Sumatera-Pekanbaru, Duri Kilometer 76 Desa Telaga Sam-Sam, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau," ungkap Buwas.