Cegah Narkoba, Kompolnas Minta Polri Perkuat Pol Air

MONITOR, Jakarta – Banyaknya kasus penyelundupan narkoba melalui jalur laut menjadi salah satu catatan evaluasi bagi komisioner Kompolnas Andrea H Poeloengan. Ia mengatakan, Polri harus memperkuat Pol Air untuk melakukan upaya pencegahan penyelundupan narkoba melalui jalur laut.

Andrea menuturkan, sebagai negara maritim yang memiliki laut luas dan terbagi dengan banyaknya pulau-pulau, itu harus menjadi pusat perhatian bagi Polri untuk mengawasi serta melakukan upaya peredaran serta penyeludupan narkoba melalui jalur laut.

"Saya ingin itu diperkuat. Karena faktanya, ketika kami ke wilayah daerah pantai, pol air kita engga kuat dan angkatan laut kita juga tidak cukup," ujar Andrea, dalam diskusi bertajuk darurat Narkoba, Sabtu, (24/2).

Ia mengakui dan memahami betul untuk mencari sindikat bandar itu sangat sulit, yang betul-betul diharapkan adalah melakukan upaya "memagari" artinya operasi market.

"Jadi ketika ada orang mau jualan di sikat, ada barang mau masuk disikat," kata dia.

Melihat armada pol air yang masih terbilang kurang, ia merekomendasikan kepada Polri untuk diperkuat, yang diantaranya seperti Sumber daya dan kualitasnya harus diperkuat terutama untuk pengemudi kapal sama penyidiknya.

Kedua, melihat perairan di Indonesia yang sangat luas yang kerap kali dijadikan sindikat narkoba untuk menyelundupkan Narkoba melalui jalur laut, Andrea meminta Polri untuk menambah jumlah personelnya. Sebab menurutnya, jumlah personel saat ini masih terbilang sangat sedikit untuk melakukan upaya pencegahan peredaran narkoba di jalur laut.

"Kapalnya juga harus di tambah sesuai dengan peruntukannya. Jadi jangan sampai daerah yang medan gelombangnya sangat besar tapi kapalnya bisa jalan di sekitar pinggir pantai, jadi jangan sampai seperti itu," pungkasnya.