Catat dan Manfaatkan 9 Program Terobosan Kemenkop-UKM Berikut

MONITOR, Jakarta  – Terkadang kita luput untuk mencari tahu dan memanfaatkan program-program yang dilaksanakan pemerintah untuk memakmurkan bangsa ini.

Tak ayal, beberapa program unggulan dari masing-masing kementerian pun terlewat untuk kita manfaatkan.

Berikut ini Redaksi Monitor berikan rekomendasi sembilan program dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya program itu dibuat.

<iframe width=”640″ height=”360″ src=”https://www.youtube.com/embed/v_eyZuZmx8Y” frameborder=”0″ gesture=”media” allowfullscreen></iframe>

Koperasi mendapatkan NIK (Nomor Induk Koperasi) secara Online
Kementerian Koperasi dan UKM melakukan terobosan database koperasi di seluruh Indonesia.

Peran KUD dalam pendistribusian Pupuk Bersubsidi
Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian, mengembalikan peran penting Koperasi Unit Desa (KUD) dalam penyaluran pupuk bersubsidi.

Akte Notaris
Untuk memberikan kemudahan dan memfasilitasi koperasi dalam melengkapi legalitas usahanya, Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan program fasilitasi pembuatan akte notaris untuk pendirian koperasi bagi pengusaha mikro secara gratis.

Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
Dalam rangka mempermudah para pelaku usaha Mikro dan Kecil mendapakan perizinan , Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perdagangan untuk menyederhanakan perizinan bagi usaha Mikro dan Kecil melalui pelimpahan kewenangan perizinan dari Bupati atau Walikota kepada Camat.

Hak Cipta
Untuk memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil mendapatkan sertifikat hak cipta sekaligus mendorong produktivitas usaha dan melindungi kreativitas hasil karya UMKM. Kementerian Koperasi dan UKM melakukan kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk memberi kemudahan mendapatkan Hak Cipta bagi UKM.
Pendaftaran Hak Cipta, dilakukan secara online melalui e-HakCipta di Kementerian Koperasi dan UKM, dengan persyaratan sederhana, KTP, NPWP dan karya harus orisinal. Prosesnya sangat cepat, hanya satu jam dan tanpa dipungut biaya.

Gallery Indonesia WOW
Merupakan rebranding UKM Gallery Gedung Smesco Rumahku (Rumah Koperasi dan UKM) dengan menawarkan berbagai fasilitas bagi wirausaha baru, para insan kreatif dan para pelaku UKM yang ingin naik kelas. Fasilitas yang dapat dimanfaatkan para market orang muda (youth), perempuan (women) dan pengguna internet (netizen) sebagai target utama adalah dua ruang maker space yang merupakan ruang bagi UKM bereksperimen. space sebagai tempat pembelajaran bagi UKM mem-branding produk yang dilengkapi creativity room serta productivity room yang juga berfungsi sebagai investor meeting place

Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha
Program dukungan penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan dengan target 50.000 wirausaha per tahun dalam mendukung penambahan target 1 juta wirausaha secara nasional dalam kurun waktu 2015-2019. Hal ini dilakukan melalui program yang bersinergi antara Pemerintah pusat maupun Daerah, pelaku usaha,dan gerakan koperasi.

LPDB-KUMKM
Lembaga Penyalur Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM memangkas tingkat suku bunga kredit menjadi 5% dari sebelumnya 6% atau kira-kira sebesar 2,77% per tahun Flat untuk koperasi sektor riil (bidang pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan).

Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Kredit Usaha Rakyat (KUR) kembali diluncurkan mulai 25 Mei 2015 dengansuku bunga KUR tahun ini sebesar 9 persen pertahun, dari sebelumnya 22 persen dengan plafon kredit maksimal Rp 25 juta tanpa agunanyang dikonsentrasikan pada usaha mikro di sektor pertanian, kelautan perikanan, industri kecil dan sektor lainnya. Bank penyalur KUR adalah BRI, BNI dan Bank Mandiri (dengan kriteria NPL saat penyaluran KUR sebelum evaluasi di bawah 5 persen dan mempunyai sistem IT atau online dengan perusahaan penjamin).

Humas Kemenkop-UKM