Cak Imin Kritik Mahalnya Harga Tiket Asian Games

Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar mengkritik harga tiket nonton pertandingan Asian Games yang tergolong mahal. Pasalnya, untuk acara pembukaan, harga tiketnya dibanderol mulai dari Rp 750 ribu hingga yang termahal Rp 5 juta.

Ia menyebut, harga tiket yang diatas kemampuan masyarakat secara umum tersebut dapat membuat antusiasme warga Indonesia untuk menonton perhelatan olahraga besar tersebut menjadi kurang. Ia pun menyangsikan bahwa perhelatan tersebut dapat berlangsung meriah dengan harga tiket yang dipatok.

“Kita tentu senang dengan menjadi tuan rumah Asian Games, ini hajatan besar bagi Indonesia yang bisa dinikmati masyarakat. Tapi, kalau ternyata harga tiket di atas kemampuan masyarakat secara umum ya gimana meraka mau nonton,” kata Muhaimin alias Cak Imin di Jakarta, Sabtu (7/7).

“Kalau melihat dari harga tiket, saya tidak yakin Asian Games akan meriah. Karena jelas tidak bisa dijangkau oleh masyarakat kita yang kemampuan ekonominya di bawah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut berharap agar panitia penyelenggara Asian Games dalam hal ini INASGOC dan juga pemerintah dapat memikirkan solusi terkait hal itu.

“Harus ada solusi dari panitia dan pemerintah, bagaimana agar Asian Games ini benar-benar bisa dirasakan oleh rakyat Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, menurut Deputi II Bidang Games Administration INASGOC Francis Wanandi, tiket pembukaan itu akan mulai dijual pada pertengahan bulan Juli. Harganya di kisaran Rp 250 ribu sampai Rp 2 jutaan.

“Jadi kami mengambil yang paling aman karena di negara-negara lain biasanya 100 dollar AS ke atas,” kata Francis dalam jumpa persnya.