BPK RI adakan Pertemuan Bilateral dengan SAO Laos

MONITOR, Jakarta – Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) dan The State Audit Organization of Lao PDR (SAO Laos) melakukan pertemuan bilateral di kantor SAO Laos Vientiane, Laos pada tanggal 18-21 Juli 2017.

Delegasi BPK RI dipimpin oleh Wakil Ketua BPK RI, Bahrullah Akbar dan disambut oleh Ketua SAO Laos, Viengthong Siphandone dan Wakil Ketua SAO Laos, Bounpone Vannachit. Turut hadir pula Duta Besar RI untuk Laos, Irmawan Emir Wisnandar.

Sebagai agenda pertemuan tersebut, kedua belah pihak melakukan knowledge sharing mengenai audit berbasis elektronik (e-Audit) dan diklat audit kinerja bagi para auditor SAO Laos.

Kedua kegiatan dimaksud dilaksanakan dalam rangka saling berbagi pengalaman mengenai pengembangan audit berbasis elektronik di kedua institusi, serta untuk memberikan informasi dan pengalaman BPK RI kepada para auditor SAO Laos mengenai proses pelaksanaan audit kinerja di BPK RI.

Dalam pertemuan ini juga dilakukan pembahasan mengenai rencana kegiatan bilateral selanjutnya. Hasil kesepakatan dalam pembahasan tersebut dituangkan dalam minutes of meeting tanggal 18 Juli 2017 yang ditandatangani oleh Wakil Ketua BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A., dari pihak BPK RI, dan Vice President SAO Laos,Mr. Bounpone Vannachit dengan disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Laos.

Minutes of meeting berisikan rencana kegiatan kerjasama bilateral untuk semester II Tahun 2017 dan Tahun 2018, yaitu: melakukan programsecondment untuk Ketua Tim Audit SAO Laos di kantor BPK RI; melaksanakan knowledge sharing mengenai topik-topik strategis seperti penyusunan pedoman audit, metodologi dan prosedur penjaminan mutu audit, metodologi untuk mengembangkan kurikulum diklat penjaminan mutu audit; serta melaksanakan diklat audit proyek konstruksi jalan bagi para auditor SAO Laos.

Setelah acara penandatanganan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan pelatihan E Audit and Training on Performance oleh para instruktur BPK RI kepada para auditor SAO Laos.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua BPK RI dan didampingi oleh Vice President SAO Laos. Training ini akan berakhir sd tanggal 22 Juli di Vientiane.