BKP Kementan Pastikan Bulog Siap Serap Gabah Petani Kendal

MONITOR, Kendal – Hingga akhir Februari 2018 sejumlah kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yakni Cepiring, Pegandon dan Patebon memiliki potensi panen tidak kurang dari 2000 hektar.

Dalam upaya memantapkan Serapan Gabah Petani (SERGAB) tahun ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi bersama Perwakilan Bulog Divre Jawa Tengah Rahayu melakukan koordinasi dan turun ke lapangan untuk memastikan peluang penyerapan gabah atau beras oleh BULOG di Kabupaten Kendal. 

Pada Februari ini, target penyerapan BULOG untuk Provinsi Jawa Tengah adalah 82 ribu ton (28,9%) dari 284 ribu ton gabah hingga akhir bulan Juni 2018.

Semat, salah seorang petani Di Desa Pucangrejo, Kecamatan Pegadon mengungkapkan kegembiraan nya dengan keberhasilan panen kali ini dengan harga jual yang memuaskan yaitu Rp. 4.500 per kg. 

"Saya senang dan siap membantu BULOG" ujar nya pada saat melakukan panen.

Bak gayung bersambut perwakilan BULOG Divre Jateng mengaku siap dan bersedia membeli gabah petani berapapun jumlahnya. 

Masih dalam rangkaian kunjungan kerja, Agung Hendriadi bersama Bulog  Divre Jateng  melakukan  peninjauan  ke penggilingan di Desa Jambuarum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Seperti di wilayah kecamatan sekitarnya, harga gabah dan beras di penggilingan ini juga cukup kompetitif dengan harga GKP berkisar Rp. 4.400 hingga Rp. 4.600/kg, sedangkan untuk beras kualitas medium antara Rp. 10.400 – Rp. 10.500/kg.