Bekali Buku Saku, Kemendikbud Jamin Atlet Asian Games Fasih Berbahasa Indonesia

MONITOR, Jakarta – Inspektorat Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud) mengatakan bahwa kegundahan masyarakat dalam berkomunikasi dengan tamu pesta olah raga Asian Games 2018 sedikit terpecahkan. 

Pasalnya, Kemendikbud memberikan apresiasi dengan menyiapkan buku saku sebagai bahan ajar bahasa Indonesia, berjudul 'Tujuh Hari Pertama di Indonesia' atau 'Your First Seven Days in Indonesia' untuk atlet Asian Games 2018.

“Produk buku saku ini, setidaknya mempermudah para atlet dan masyarakat Indonesia bertegur sapa," ujar Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir di Jakarta, Senin (26/3).

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbud, sebagai lembaga kebahasaan pemerintah telah menyiapkan buku saku tersebut untuk digunakan para atlet Asian Games 2018 yang berasal dari luar Indonesia.

Di kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pembinaan Badan Bahasa, Gufran Ali Ibrahim menambahkan, buku saku tersebut bersifat praktis dan berisi kalimat-kalimat atau bahasa sederhana yang digunakan dalam percakapan sehari-hari yang dibutuhkan atlet Asian Games selama berada di Indonesia.

"Misalnya ucapan selamat pagi, bertanya sedang ada di mana, di mana toilet, terima kasih, atau apa kabar. Mereka juga punya kesempatan belajar kosa kata harian dasar yang dipakai untuk sintas atau survive jika suatu saat datang kembali ke Indonesia," ujar Gufran.

Selain berbentuk buku saku, Badan Bahasa Kemendikbud juga akan menyiapkan buku 'Tujuh Hari Pertama di Indonesia'atau 'Your First Seven Days in Indonesia' dalam bentuk online maupun offline dengan memasukkan softcopy  ke dalam flashdisk yang sudah disiapkan Panitia Asian Games 2018 untuk atlet.