Bamsoet Minta Kapolri Bongkar Sindikat Bandar Narkoba

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas keberhasilan tim bea cukai Kepulauan Riau, yang berhasil mengagalkan upaya penyelundupan 3 ton sabu yang dibawa kapal ikan Myanmar berbendera Taiwan.

"Pertama, saya berikan apresiasi  yang sangat tinggi kepada  tim Bea Cukai Kepri. Kedua, saya sangat geram mendengar kabar bahwa masih ada sindikat bandar Narkoba yang coba menyelundupkan sabu ke negara kita, bahkan hingga sebanyak 3 ton," ujarnya, Sabtu (24/2).

Bamsoet, sapaan akrabnya, menuturkan akan segera meminta Kapolri untuk mengusut tuntas tersebut.

"Ini sudah sangat keterlaluan dan mengkhawatirkan," tukasnya.

Menurut Bamsoet, informasi intelijen Cina yang kepada BNN sebagaimana disampaikan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso terbukti benar. Ada sekitar 5 ton Sabu senilai Rp.10 triliun menuju perairan Indonesia. Tangkapan pertama 1 ton di Batam. Tangkapan kedua 1,6 ton pekan lalu juga di Batam dan Ketiga kemarin (23/2) sekitar 3 ton juga diperairan yang sam, yakni Batam Kepri.

Bamsoet ingin penindakan bukan hanya dilakukan kepada para awak kapal saja. Melainkan perlu dicari sampai ke bandar besarnya.

"Tak hanya awak kapal, bandar harus diusut tuntas. Tak peduli bandar sindikat lokal ataupun internasional, kita akan sikat semua," tegas Bamsoet.