Bakar Semangat Mahasiswa, Mentan Klaim Sektor Pertanian Sangat Menjanjikan

MONITOR, Makassar – Sektor pertanian hari ini menyumbang kontribusi pembangunan nasional sebesar 60 hingga 70 persen. Hal demikian diungkapkan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat memberikan kuliah umum di hadapan 1.000 mahasiswa dan dosen Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar.

Mentan mengklaim, selama tiga tahun terakhir kementerian yang dipimpinnya telah membagikan sebanyak 100 ribu alat mesin pertanian.

"Jadi kalau mau jadi konglomerat masuklah pertanian," ujar Amran membakar semangat peserta kuliah umum, Kamis (15/2).

Ia bercerita, saat dirinya bersama jajaran Kementan meninjau 300 daerah di Indonesia, ia menemukan banyak sekali persoalan yang harus diselesaikan.

Untuk itu, ia mengajak mahasiswa terus rajin belajar dan menyukai dunia pertanian. Sebab, sektor ini kedepannya lebih menjanjikan masa depan Indonesia.

Selanjutnya, menteri yang pada tahun 2017 lalu dianugerahi sebagai alumnus berprestasi dan terbaik dari Universitas Hasanuddin tersebut, memaparkan capaian dan strategi pengelolaan pertanian jaman now, serta empat komoditas yang telah dianggap berhasil yakni beras, jagung, cabai dan bawang merah sekaligus pengambilan kebijakan dan keputusan yang tepat.