Bahas Hasil Pertemuan MKD dengan Setya Novanto, Tiga Wakil Ketua DPR Gelar Rapim

MONITOR, Jakarta – Empat Pimpinan DPR RI Senin sore ini  (4/12) sedang menggelar rapat membahas hasil kunjungan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) ke Rumah Tahanan Komisi Perberantasan Korupsi (KPK) guna memeriksa Setya Novanto terkait dugaan pelanggaran etik.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan, Rapat Pimpinan DPR pada Senin ini akan mendengarkan laporan dari sekretariatan jendral DPR terkait kunjungan MKD tersebut.

"Kami akan dengarkan laporan dari Plt Sekjen DPR, bagaimana hasil kunjungan MKD, akan kami bahas," kata Taufik di gedung DPR RI, Jakarta.

Dia mengatakan Rapat Pimpinan DPR digelar hari ini setelah ada konfirmasi kehadiran tiga pimpinan DPR, yaitu Taufik Kurniawan, Fadli Zon, dan Fahri Hamzah.  

Taufik menjelaskan, sesuai aturan yang berlaku, Rapat Pimpinan DPR baru bisa dilakukan bilamana dihadiri minimal oleh tiga pimpinan DPR RI.

"Baru hari ini Rapim DPR digelar, tiga orang pimpinan konfirmasi hadir. Karena sebelumnya masing-masing Pimpinan DPR saling mengisi ke daerah dan ke luar negeri," kata politisi dari PAN ini.

Ia lebih lanjutkan mengatakan sampai saat ini pemimpin DPR belum menerima informasi perihal rencana pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI, seperti tuntutan anggota DPR lainnya.

Seperti yang diketahui, minggu lalu 30 November 2017, Pemimpin dan anggota MKD mendatangi gedung KPK untuk memeriksa Ketua DPR Setya Novanto terkait perkara dugaan pelanggaran etik anggota parlemen.

Hadir dalam pemeriksaan pada Novanto di tahan KPK seperti Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding dari Fraksi Hanura, serta anggota MKD Maman Imanul dari Fraksi PKB dan Agung Widyantoro dari Fraksi Golkar, serta seorang staf MKD DPR RI.