Anies Tak Ikut Penyerahan Piala Presiden, Zulhas: Itu Spontan saja

MONITOR, Jakarta – Belakangan ini jagat dunia maya dihebohkan dengan video viral Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang terlihat tidak tampak di podium saat penyerahan piala Presiden. Hal itu terjadi karena dihalangi oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

Menurut Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, kejadian tersebut terjadi secara spontanitas. Zulhas begitu biasa ia disapa, yang turut hadir dalam pertandingan final piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta melawan Bali United menuturkan, kalau agenda pengumuman pembagian hadiah tersebut diinfokan secara tiba-tiba oleh pihak penyelenggara. 

"Mungkin waktu itu SC dan OC kelupaan. Saya kira ya, kalau disengaja mungkin enggak ya. Saya kira udah senang sehingga ada yang terbengkalai," ujar Zulhas di Kompleks Parlemen, Nusantara III, Senin (19/2).

Zulhas menjelaskan, sesaat pertandingan usai, dirinya yang akan bergegas ingin meninggalkan stadion, tiba-tiba ada panggilan dari panitia penyelenggara untuk pembagian hadiah. Dia mengaku hal tersebut secara spontan dan tidak ada didalam agenda. 

"Saya juga tidak tahu ada jadwalnya, dan tidak ada agenda untuk bagi hadiah tiba-tiba dipanggil, terus maju kedepan," ujar Zulhas. 

Menurutnya, Presiden Joko Widodo juga selama pertandingan duduk berdampingan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terlebih ketika tim Ibu Kota tersebut berhasil merobek jala gawang dari Bali United, keakraban keduanya juga nampak. 

"Enggak- enggak disengaja. Karena waktu Presiden duduk disebelahnya kan Pak Anies. Mereka tos-tosan terus pas waktu Persija menang salaman coba lihat tuh," ungkap Zulhas. 

Dia menambahkan, kejadian tersebut mungkin saja pihak penyelenggara lupa, sebab tidak hanya Anies Baswedan saja yang tidak ikut ke podium penyerahan piala, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto juga tidak ikut dalam pembagian piala tersebut. 

"Bahkan Pak Wiranto juga enggak bagi piala juga tuh, malah kita (ikut bagi piala)," tandasnya.