Amran Sulaiman Dinilai Sudah Pantas Gantikan JK

MONITOR, Makassar – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman dinilai sangat pantas menjadi tokoh penerus Jusuf Kalla (JK). Selain sama-sama putera Sulawesi Selatan, Amran Sulaiman juga dinilai memiliki integritas, cerdas, serta cakap dalam menjalankan tugas pemerintahan yang diamanatkan kepadanya.

“Beliau memiliki integritas, cerdas dan cakap dalam menjalankan tugas di pemerintahan. Dan yang terpenting masih muda, sehingga Andi Amran Sulaiman sangat pantas dinobatkan sebagai regenerasi JK dan menggantikan posisi JK di Kabinet Kerja jilid ke-2,” kata Asri Limbo, aktivis tani Sumatera Selatan di Makassar, Senin (26/3).

Menurut Asri Limbo, secara akademis Andi Amran Sulaiman merupakan intelektual di bidang pertanian yang banyak melahirkan karya tulis serta produk paten dalam hal pengendalian OPT. Contohnya bom tikus.

“Kepiawaian beliau tentu sangat sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang sebagian besar penduduk berada di sektor pertanian,” tegasnya.

Apalagi selama menjabat Menteri Pertanian di Kabinet Kerja Presiden Jokowi, Amran banyak melakukan teroboson. Sebut saja modernisasi alat pertanian, mencetak sawah baru, membangun lahan tidur menjadi lahan produktif, atau meningkatan irigasi pertanian. Belum lagi programnya pupuk gratis, bibit gratis, atau pembagian ternak gratis.

“Beliau juga melakukan ekspor beberapa komoditi yang dulunya diimpor dari negara tetangga. Beliau berhasil membalik posisi Indonesia dari importir menjadi eksportir. Semua itu menjadi bukti nyata kerja-kerja keras beliau selama menjadi menteri pertanian,” kata Asri sembari mencontohkan ekspor jagung ke Thailand.

Oleh sebab itulah, Asri menilai sangat layak jika Andi Amran Sulaiman menggantikan posisi JK di kabinet Presiden Jokowi mendatang.

“Kami sebagai petani dan pendamping petani merasakan manfaat yang luar biasa dari pemerintah saat ini, khususnya di bidang pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, peneliti opini publik dan politik PT Indexpolitica Hasrul Harahab menilai, posisi Andi Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian memang bersentuhan langsung dengan grassroot atau masyarakat bawah.

“Jika posisi dan daya jelajah Andi Amran Sulaiman dimaksimalkan, tentu bisa mengangkat popularitas dan elektabilitasnya menjadi tokoh baru yang dapat mewakili kekuatan dari Indonesia timur,” kata Hasrul.

Bahkan menurutnya, Andi Amran Sulaiman bisa menjadi penerus JK yang sudah sepuh.  Sebab keduanya memiliki banyak kesamaan dalam hal integritas serta kecakapan dalam memimpin.

“Sebaiknya Amran Sulaeman tetap fokus pada target-terget yang akan dicapainya di bidang pertanian. Sebab hal itu akan berbanding lurus dengan peningkatan popularitas dan elektabilitasnya. Termasuk kecintaan rakyat pada dirinya akan meningkat. Apalagi saat ini tingkat kepuasan masyarakat terhadap bidang pertanian di negeri ini sangat meningkat,” tegas Hasrul.