Amien Rais Percaya Anies-Sandi Bakal Komitmen Tolak Reklamasi

MONITOR, Jakarta – Penolakan mega proyek reklamasi pantai utara Jakarta oleh pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno. Hal ini Mendapat dukungan dari Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN, Amien Rais.

Amin Rais menyatakan percaya kepada pimimpin baru DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, bisa mewujudkan janji kampanye. Diantaranya menolak kelanjutan nasib proyek reklamasi pantai utara Jakarta.

"Oh jelas sekali. Gubernur baru dan wakilnya Anies-Sandiaga Uno tetap kukuh pegang janjinya," ujar Amien Rais kepada wartawan, Selasa (10/10).

Amien mengaku tidak setuju dengan proyek reklamasi. Menurutnya mega proyek tersebut tidak berpihak untuk kepentingan rakyat Indonesia terutama warga Jakarta.

"Saya orang awam tapi saya tahu reklamasi teluk Jakarta sepenuhnya untuk kepentingan orang di luar Indonesia untuk aseng dan beberapa asing. Bukan untuk rakyat Jakarta," lanjut dia.

Lantas Amien mempertanyakan apakah proyek ini diperuntukan bagi warga Jakarta atau malah dibangun untuk orang asing. Apalagi terdapat unit apartemen dan pertokoan yang disediakan, yang bertujuan untuk kelangan-kalangan elit.

"Lagi-lagi untuk siapa? Jelas bukan untuk kepentingan nasional. Ini subordinat dari kepentingan Cina. Jadi kalau saya tafsirkan," pungkasnya.