Amien Rais Dukung Ustadz Somad Maju di Pilpres 2019

Politikus senior PAN Amien Rais

MONITOR, Jakarta – Politikus Senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, mengatakan masuknya nama Ustad Abdul Somad (UAS) dalam rekomendasi Ijtima’ ulama dan tokoh nasional, karena yang bersangkutan memiliki figur sangat kritis.

Berdasarkan dari hasil survei sejumlah tokoh di Indonesia yang dilakukan, nama UAS menjadi yang paling populer dari tokoh nasional lainnya.

“Jadi sesungguhnya ini kalau menurut saya, Pak Somad kan ahli agama, dia hafal Quran hafal hadist banyak. Jadi dalam agama Islam itu, dinyatakan apabila orang beriman melihat kemungkaran, kejahatan, ubahlah dengan tanganmu,” kata Amien di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (30/7).

“Kalau tidak mampu dengan lisanmu, kalau tidak mampu dengan hatimu. Tapi yang terakhir itu, selemah-lemahnya iman, yang namanya tangan itu kekuasaan, otoritas,” tegasnya.

Mantan ketua MPR RI itu mengingatkan bahwa UAS tidak hanya merubah kemungkaran hanya dengan mulut alias mengkritisi baik itu keadilan, pendidikan dan persoalan yang dialami umat saat ini.

“Daripada beliau selalu hanya (gunakan) lisan, saatnya ini beliau punya otoritas kekuasaan yang telanjang untuk kemudian mencari sesuatu yang kejernihan, bukan. Tapi kekuasaan bentuknya otoritas sebagai Cawapres. Kalau beliau mau, akan membantu perbaikan negeri ini,” sebut dia.

Mengenai ketidakmauan UAS untuk maju dalam kontestasi di Pilpres 2019, Amien mengaku belum mengetahuinya. Ia hanya menilai bahwa masih ada keraguan atau kekhawatiran di dalam diri sang ustad yang tengah naik daun tersebut.

“Karena beliau kan mengatakan walaupun beliau berfungsi sebagai embun di tengah padang pasir atau sepucuk sinar di kegelapan, ya itu ide bagus ya. Tapi kalau hanya lisan barangkali menjadi kurang bagus,” ucapnya.