Amanah Presiden Jokowi di HUT Kopri ke-46

MONITOR, Jakarta – Hari ini Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) teengah merayakan Hari Jadi atau HUT ke-46. Sebagai Kepala Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai Inspektur Upacara di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (29/11) pagi.

Terkhusus Korpri, Presiden menyatakan momentum tersebut harus menjadi ajang refleksi untuk menjaga solidaritas. “Peringatan HUT Korpri harus menjadi momentum melakukan lompatan besar demi kemajuan bangsa kita Indonesia,” ujar Presiden.

Jokowi melanjutkan, peran Korpri menjadi sangat vital. Menurutya, Korpri harus bisa menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah.

Untuk itu, kata Jokowi, Korpri harus benar-benar memahami peta kompetisi ke depan yang penuh ketidakpastian. Karena itu, tidak ada pilihan lain kecuali menuntaskan program pembangunan nasional melalui gerakan perubahan, melalui inovasi yang berlandaskan pada moralitas publik yang berdasarkan Pancasila.

“Setiap anggota Korpri harus terus memperbaiki diri, tinggalkan cara-cara rutin, tinggalkan zona nyaman, perkuat semangat debirokratisasi. Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif, yang efisien, yang transparan, yang cepat, dan akuntabel,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta ini.