AHY Diklaim jadi Obsesi Kader Demokrat di Pilpres 2019

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua (foto : Rangga/MONITOR)

MONITOR, Jakarta – Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ramai digadang sebagai calon wakil presiden (Cawapres) yang ditawarkan Partai Demokrat untuk berkoalisi. Bahkan, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua menyebut kader Demokrat telah terobsesi dengan anak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Usai melakukan rapat tertutup dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan pada Selasa (9/7), Max menyebut belum mengerecut pada nama cawapres yang akan diusung partai berlambang mercy itu.

Ia menegaskan, saat ini pembahasan belum sampai pada apakah AHY akan digadang menjadi Cawapres pada tahun ini atau nanti pada 2024 mendatang. Meski begitu Max menyebut kalau AHY adalah jadi obsesi dari Demokrat.

“Hanya saja, obsesi tersebut tidak bisa ditentukan sendiri oleh Partai Demokrat,” ujar Max.

Dengan begitu, hingga kini Demokrat masih melihat situasi yang sedang berkembang di masyarakat maupun dalam dunia politik. Namun, saat ditanya apakah AHY menjadi syarat koalisi dengan Prabowo maupun Jokowi, ia enggan menjawab hal tersebut.

“Saya tidak mengatakan itu. Tapi bagaimanapun juga, peluang untuk itu ada,” ungkap Max.

Menurutnya, peluang tersebut bisa menjadi modal untuk berbicara secara lanjut dengan partai koalisi lain. Kata dia, selalu ada opsi dan hingga kini Demokrat belum memutuskan akan melabuhkan koalisi kepada partai mana.

 

Sementara itu, kian santer kabar duet Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan AHY, menurutnya, wacana tersebut hanya dibuat oleh sejumlah tokoh dari pengamat yang kemudian dikembangkan oleh media. Max menepis isu itu dan berkata kalau Demokrat belum membahasnya sampai kesitu.