8000 Bibit Kelapa untuk Kelompok Tani di Kebumen

8000 benih kelapa siap didistribusikan oleh Kementerian Pertanian (dok: Humas Kementan)

MONITOR, Kebumen – Dukungan Kementan melalui Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dalam mensukseskan Tahun Perbenihan 2018 telah nyata terlihat di seluruh penjuru nusantara. Hal itu terlihat melalui produksi benih tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura yang dilaksanakan oleh Unit Kerja (UK) dan Unit Pelaksana Tugas (UPT) baik di pusat maupun di daerah.

Kegiatan ini dimulai tahun 2017, produksi benih berbagai komoditas telah terlaksana yang diantaranya sudah didistribusikan kepada masyarakat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan wilayah, yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam penentuan CPCL-nya.

Benih berbagai komoditas yang diproduksi oleh UK-UPT Balitbangtan, selain benih bersertifikat atau berlabel, namun juga penuh dengan sentuhan inovasi teknologi dalam proses produksinya.

BPTP Balitbangtan Jawa Tengah, yang mendapatkan tugas untuk memproduksi benih berbagai komoditas, setelah beberapa waktu sebelumnya telah mendistribusikan benih pepaya delima dan tebu kepada kelompok tani di beberapa kabupaten di Jateng.

Dalam waktu dekat ini, pemerintah telah siap mendistribusikan benih beberapa komoditas yang lain diantaranya kentang dan bawang putih. Seperti dua hari yang lalu (20/7), disaksikan oleh Kadistan dan Pangan Kabupaten Kebumen serta Kabid Perkebunan Distanbun Provinsi Jateng, BPTP Balitbangtan Jateng telah menyerahkan 8.000 benih kelapa (kelapa dalam) kepada 5 Gabungan Kelompok Tani di wilayah Kab. Kebumen.

Kepala BPTP Balitbangtan Jateng, Harwanto, menyatakan benih kelapa produksi BPTP Balitbangtan Jateng yang lolos sertifikasi sebanyak 9.450 batang dari target output 8000 batang.

“Distribusi benih tidak hanya kepada 5 Gapoktan di Kecamatan Sadang dan Karanggayam Kab. Kebumen berdasarkan CPCL yang sudah ditentukan oleh Distanbun Prov. Jateng, namun juga juga dialokasikan untuk desa miskin di Kecamatan Adimulyo sebanyak 500 batang,” terangnya.

Kadistan dan Pangan Kab. Kebumen mengucapkan terima kasih kepada BPTP Balitbangtan Jateng dan Distanbun Prov Jateng yang telah mengalokasikan bantuan benih kelapa di Kab. Kebumen. Kab. Kebumen merupakan sentra pengembangan kelapa. Dengan adanya bantuan benih tersebut, ia berharap kedepan bisa meningkatkan produksi kelapa di tahun- tahun yang akan datang.

Kadistan dan Pangan juga berpesan kepada Gapoktan, agar benih kelapa dipelihara terlebih di Kelompok Tani hingga musim hujan telah tiba. Hal itu untuk memudahkan dalam perawatan, karena jika ditanam langsung dikawatirkan akan tidak tumbuh karena kekurangan air.

Distanbun Prov Jateng sangat berkomitmen dalam mendukung program ini. Kabid Perkebunan menyampaikan bahwa kerjasama dan koordinasi perbenihan dengan BPTP Balitbangtan Jateng sudah dilakukan dari tahun 2017. Disamping menentukan CPCL penerima benih, Distanbun Prov Jateng juga membantu distribusi hingga sampai lokasi dan saprodi.